Selasa, 03 Juni 2014

Sejarah Game Metal Gear


Seorang Snake punya segalanya. Itulah ungkapan yang layak ditujukan untuk Metal Gear. Mulai dari gameplay yang menarik, karakter yang khas, sound yang tematis, hingga cerita yang kompleks ala film box office dapat gamer temukan di game ini. Selain mengisahkan seorang operative agent dengan sebutan Solid Snake, Metal Gear (MG) juga dikenal sebagai game pertama yang hadir dalam genre stealth game.


Metal Gear merupakan judul dari sebuah stealth action game populer karya Hideo Kojima yang dirilis oleh Konami. Jalan cerita utama dari Metal Gear/Metal Gear Solid telah dikemas dalam 7 game utama, dan sekitar 15spin-off. Rilis pertama kali pada tahun 1987 untuk konsol home computer MSX2, Metal Gear mengisahkan tentang upaya infiltrasi Solid Snake dalam menghancurkan sebuah mesin pemusnah massal dengan sebutan Metal Gear di Outer Heaven. Pada tahun 1988, tanpa melibatkan Kojima, Konami mengubah beberapa desain pada game tersebut dan merilisnya kembali untuk Nintendo di luar kawasan Jepang. Tahun 1990, versi Nintendo dari Metal Gear telah mendapatkan sebuah sekuel. Lagi-lagi tanpa campur tangan dari Kojima sendiri, SnakeĆ¢€™s Revenge merupakan sebuah game yang ditujukan untuk kawasan Amerika dan Eropa sebagai sekuel dari Metal Gear pendahulunya. Terdorong oleh hal tersebut telah menginspirasi Kojima untuk membuat sebuah sekuel yang sebenarnya dari Metal Gear. Maka dari itu, segala kejadian dan karakter yang ada dalam plot SnakeĆ¢€™s Revenge kini tidak disertakan sebagai bagian dari keseluruhan sejarah Metal Gear. Di tahun yang sama, Hideo Kojima telah menyelesaikan sebuah sekuel resmi dari Metal Gear. Metal Gear 2: Solid Snake mengisahkan tentang misi Snake di Zanzibar Land dalam menyelamatkan seorang ilmuwan dan menghancurkan Metal Gear terbaru pada saat itu. Metal Gear 2: Solid Snake merupakan sekuel Metal Gear yang dirilis untuk konsol MSX2 di kawasan Jepang.




Tahun 1998 merupakan sebuah tahun yang sangat berpengaruh terhadap sejarah Metal Gear. Dirilis untuk konsol PlayStation, Metal Gear Solid (MGS) adalah game pertama dalam sejarah Metal Gear yang tampil full sinematik dengan menggunakan full voice acting dan 3D environment. Mengambil setting waktu pada tahun 2005, dikisahkan bahwa Solid Snake kembali menjalankan tugasnya sebagai seorang operative agent dalam sebuah misi menyelamatkan dunia dari ancaman Liquid Snake, saudara genetis Solid Snake yang berniat mengacaukan dunia dengan mengendalikan Metal Gear REX. Di game ini pula nama aktor David Hayter mulai diperkenalkan sebagai pengisi suara Solid Snake. Tidak hanya dirilis untuk PlayStation, sebuah remake dari MGS juga dirilis untuk GameCube dengan judul Metal Gear Solid: The Twin Snakes. Masih dengan cerita yang sama, hanya mengalami peningkatan dalam kualitas grafis dan penambahan beberapa fitur yang diadaptasi dari Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty.


Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty, sebuah sekuel dari MGS yang dirilis untuk PlayStation 2, merupakan game pertama yang menampilkan satu lagi karakter playable selain Snake, yaitu Raiden. Sebagian besar aspek dalam game ini juga mengalami perubahan yang cukup besar. Selain meningkat dalam tampilan grafis, MGS2 juga telah menampilkan gameplay yang lebih berkembang dengan cerita yang lebih mendalam. Hal-hal tersebut menjadikan game ini mendapat banyak sambutan baik dari gamer di seluruh dunia.


Masih untuk PlayStation 2, Metal Gear Solid 3: Snake Eater hadir membawakan cerita dengan setting waktu paling awal dari sejarah Metal Gear yaitu pada tahun 1964. Pada saat itu dikisahkan bahwa seorang FOX operative dengan sebutan Naked Snake atau Big Boss tengah melakukan infiltrasi di Soviet untuk menghentikan pengkhianatan yang dilakukan oleh atasannya. Judul Snake Eater memang bukan hanya sekedar judul. Di game ini, gamer diperkenalkan dengan sebuah fitur dimana Naked Snake memang diharuskan mengkonsumsi berbagai binatang liar untuk bisa tetap bertahan hidup. Selain itu, gamer juga disertai dengan kemampuan kamuflase Snake dengan lingkungan sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar